Oleh: bsimamora | 18 September 2008

Bengkulu Miliki Potensi Jutaan Ton Pasir Besi

Provinsi Bengkulu memiliki potensi pasir besi dan batu besi jutaan ton, namun hingga kini belum ada investor yang memanfaatkan bahan baku besi dan baja itu. “Hasil pendataan 2007 di Kabupaten Bengkulu Utara terdapat kandungan pasir besi dan batu besi jutaan ton, belum termasuk di Kabupaten Seluma yang tahun ini baru akan diteliti,” kata Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu, Surya Gani, di Bengkulu, Jumat [20/06] .

Untuk potensi pasir besi dan batu besi di Bengkulu utara, saat ini sudah ada investor yang sedang melakukan penelitian (eksplorasi) lebih lanjut yakni PT Kompaktor. “Kita harapkan, investor itu langsung melakukan eksploitasi. Jika melihat potensi yang ada, saya yakin perusahaan itu akan melanjutkan kegiatannya dari eksplorasi ke eksploitasi,” ujarnya.

Mengenai potensi pasir besi di Seluma, menurut dia,  jauh lebih besar dibandingkan Bengkulu Utara, karena itu, pada dua tahun lalu ada investasi pananaman modal asing (PMA), PT Famiaterdio Nagara yang berani menanamkan modalnya dalam penambahan bahan galianitu.

PT Famiaterdio Nagara, sudah melakukan penambangan percobaan, namun karena tersangkut masalah hukum sehingga menghentikan kegiatan usahanya, dan investor itu meninggalkan Bengkulu.

Investor itu dituduh telah melakukan perambahan terhadap kawasan konservasi Cagar Alam Bukit Ngalam, karena satu hektare areal penambangannya masuk dalam kawasan dilindungi itu. Akibatnya, tiga petinggi perusahaan itu harus menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Kota Bengkulu, dan divonis bebas karena dinyatakan tidak terbukti.

Provinsi Bengkulu, kata dia, mengharapkan adanya investor yang bersedia menanamkan modalnya untuk menambang pasir besi dan batu besi itu, atau bahkan sampai mengolahnya menjadi barang jadi. Mengenai kepastian hukum bagi investor, menurut dia, dijamin dan sebenarnya jika tidak melakukan pelanggaran tidak akan ada masalah. ( ant )


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: