Oleh: bsimamora | 18 September 2008

Bupati Cianjur Dipanggil KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memanggil Bupati Cianjur Tjetjep Muchtar Soleh untuk dimintai keterangan seputar kepergiannya ke China, pekan lalu.Direktur Gratifikasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lambok Hutauruk mengatakan, pihaknya perlu mengetahui apakah perjalanan Bupati Tjetjep dan rombongan ke China yang dibiayai perusahaan calon investor itu masuk kategori gratifikasi atau tidak.

Berdasarkan Undang-Undang No 20/ 2001 tentang perubahan atas UU No 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, gratifikasi adalah pemberian dalam arti luas, yakni meliputi pemberian uang, barang, rabat (diskon), komisi, pinjaman tanpa bunga,tiket perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma, dan fasilitas lainnya.

”Kami akan segera menyurati Bupati Cianjur untuk menanyakan segala sesuatu terkait perjalanan ke China itu. Ke mana saja mereka di sana selama seminggu itu.Apakah semuanya ditanggung investor? Kami juga akan minta MoU (memorandum of understanding) antara Pemkab Cianjur dan perusahaan investor untuk dipelajari.Semua ini lebih berat menguntungkan daerah atau justru menguntungkan pribadi,” ujar Lambok kepada SINDO, kemarin.

Bupati Tjetjep pergi ke Beijing sepanjang pekan lalu didampingi istrinya, Ny Yana Rosdiana Tjetjep Muchtar Soleh, Sekretaris Daerah Cianjur Maskana Sumitra,Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Pertambangan (PSDA-P) Kab Cianjur Iwan Setiawan, dan Kepala BKD Syarif Hidayat. Mereka diundang calon investor proyek pertambangan pasir besi di Cianjur Selatan.

Menurut Lambok,setiap gratifikasi kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara dianggap suap apabila berhubungan dengan jabatannya dan yang berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya.Gratifikasi tersebut baik yang diterima di dalam negeri maupun luar negeri.

Hal ini mengacu pada Pasal 12B (1) UU No 20/2001 dan Pasal 12 C ayat (1) Ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12B ayat (1) tidak berlaku jika penerima melaporkan gratifikasi yang diterimanya kepada KPK, paling lambat 30 hari kerja sejak tanggal gratifikasi tersebut diterimanya. Formulir pelaporan gratifikasi dengan mudah dapat di-download di www. kpk. go.id.

Bupati masuk kategori penyelenggara negara berdasarkan UU No 28/1999 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi,Kolusi, dan Nepotisme. Pejabat lain Pemkab Cianjur yang memiliki fungsi strategis dan pimpinan proyek atau bendaharawan proyek juga masuk kategori penyelenggara negara.

Mereka juga masuk objek pemeriksaan gratifikasi karena statusnya PNS, pimpinan, dan pegawai di lingkungan pemda. Lambok menekankan, permintaan keterangan kepada Bupati Cianjur bukan untuk mencari- cari kesalahan, tapi mengingatkan agar penyelenggara negara terutama di daerah benar- benar menyadari bahwa mereka harus taat aturan dan tertib administrasi.

”Kadang-kadang mereka (penyelenggara negara di daerah) malah baru tahu. Ada juga yang sudah tahu, tapi niatnya memang ada yang ingin disembunyikan. Nah, yang nakal-nakal seperi ini yang perlu ditertibkan,” tegas Lambok.

Contoh-contoh pemberian yang dapat dikategorikan sebagai gratifikasi, antara lain pemberian hadiah atau uang sebagai ucapan terima kasih karena telah dibantu, pemberian tiket perjalanan kepada pejabat atau keluarganya untuk keperluan pribadi, dan pemberian hadiah atau suvenir kepada pejabat pada saat kunjungan kerja.

Pidana bagi penyelenggara negara atau pegawai negeri yang tidak melaporkan gratifikasi yang diterimanya adalah pidana penjara minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun dan/atau denda minimal Rp200 juta dan maksimal Rp1 miliar. (armydian)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: