Oleh: bsimamora | 18 September 2008

Bupati Pastikan Tambang Pasir Besi Tak Merugikan

Bupati Kulon Progo Toyo Santosa Dipo menegaskan, penambangan pasir besi di wilayahnya tidak akan mengganggu lahan petani. Pendirian pabrik baja juga akan menyerap banyak tenaga kerja, menyediakan air bersih, dan memberikan kontribusi besar dari segi ekonomi.

“Para petani hanya salah pengertian. Mereka menganggap kegiatan ini hanya sebagai penambangan pasir besi. Sedangkan yang kami programkan bukan hanya penambangan, tetapi juga pabrik baja,” ujar Toyo, Sabtu (5/5).

Toyo mengatakan, penambangan akan dilakukan secara bergiliran. Tiap petakan lahan pasir besi akan ditambang selama delapan bulan, selanjutnya direklamasi. Pabrik juga telah bersedia memberi zat adiktif berupa pupuk untuk mempersubur tanah seusai ditambang. Pabrik baja juga akan dibangun jauh dari lahan petani.

Warga dipastikan akan memperoleh kompensasi untuk lahan yang ditambang. Mereka juga bisa dipekerjakan di pabrik. Luas petakan, menurut Toyo, masih akan dihitung berdasarkan kemampuan produksi. Tiap petak tak boleh ditambang lebih dari satu tahun.

Menurut Toyo, penambangan pasir besi hanya akan mengambil kandungan besi dan mengembalikan pasir ke tempatnya semula. Dari penambangan sedalam enam meter, jumlah pasir besi yang diambil hanya 13 persen atau kurang dari satu meter. Penurunan ini tidak berarti karena ketinggian pasir mencapai delapan meter di atas permukaan laut.

Dengan adanya pabrik baja, penambangan akan diawali dari kawasan Pantai Kulon Progo selama dua tahun pertama. Selanjutnya, pencarian bahan baku akan dilakukan di Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan, dan Aceh. (ab9)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: